Berbagi di hari Pendidikan Nasional

Rabu 2 Mei 2012, bertepatan dengan hari pendidikan nasional, BPI berkesempatan kembali lagi datang ke SD Asisi untuk presentasi tentang limbah sampah. Hari itu terasa sangat istimewa bagi BPI karena dapat melaksanakan misinya untuk berbagi dan mengajak murid klub sains SD Asisi untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar. Acara presentasi dimulai dari jam 13.00 dan diikuti kurang lebih hampir 50 murid yang terbagi dari kelas 3, 4 dan 5 SD. Presentasi kali ini dipimpin oleh Albertus Prawata (Berto) dan Marselina Agusta (Acel) juga hadir memeriahkan acara siang itu.

Acara presentasi dimulai dengan memperlihatkan permasalahan limbah sampah di kota megapolitan seperti Jakarta yang sudah sangat memprihatinkan. Tercatat volume sampah Jakarta dalam dua hari bisa menyamai candi Borobudur. Lalu kami pun mencoba mengajak para murid sain klub SD Asisi untuk mulai mencoba belajar memilah sampah-sampah (sampah organik dan sampah anorganik), sehingga mudah untuk dilakukan proses daur ulangnya. Selain membuang sampah pada tempatnya, dan disesuaikan dengan jenis sampahnya, kami juga mengajak para murid untuk bisa mulai peduli terhadap lingkungan untuk tidak menggunakan kantong plastik yang berlebihan pada saat belanja dan juga untuk memulai mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai di sekitar mereka.

“Rambut yang ada di kamar mandi kalau kita habis mandi itu termasuk sampah apa?” Itulah salah satu pertanyaan yang dilontarkan oleh salah seorang murid setelah mendengarkan sesi presentasi. “Rambut manusia itu termasuk sampah organik, karena pada intinya semua sampah dari mahluk hidup ciptaan Tuhan adalah sampah organik”, dengan antusias Berto mencoba menjelaskan. Setelah sesi tanya jawab, acara pun ditutup dengan berfoto bersama dengan para murid dan guru, dan pembagian sticker BPI sebagai kenang-kenangan.

Terima kasih kepada pihak sekolah SD Asisi yang telah memberikan kesempatan bagi BPI untuk bisa datang kembali dan berbagi bersama generasi muda Indonesia. Pengalaman dan kesempatan berbagi bersama murid-murid sains klub ini merupakan suatu hal yang berarti bagi kami, dan semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan regular yang dapat kami lakukan di SD Asisi dan juga sekolah-sekolah lainnya. Mari kita bersama menjaga lingkungan kita diawali dengan membuang sampah pada tempatnya.

This entry was posted in Aksi, BPI, Kegiatan, Liputan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply